Bengkoang Untuk Kesihatan Kulit

The Best Weight Loss Tips for Women - Bengkoang dan Kesehatan Kulit - Bengkoang merupakan buah yang memiliki berbagai kandungan zat gizi yang penting untuk kesehatan, terutama kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada buah bengkoang. Kandungan vitamin yang terdapat pada buah bengkuang yang paling tinggi adalah vit.C. Sedangkan mineral yang berada dalam bengkuang diantaranya zat fosfor, zat besi, kandungan kalsium, dan lain-lain. 
Bengkuang merupakan buah yang mengandung banyak kadar air yang tinggi, sehingga mampu membuat tubuh tetap terasa segar setelah mengonsumsi buah bengkoang dan kandungan yang terdapat di dalam buah bengkoang mampu memberikan cairan yang tubuh perlukan untuk menghilangkan deposit-deposit lemak yang mengeras dan mengakibatkan terbentuknya kristal dalam beberapa bagian tubuh. Oleh karena itu, buah bengkoang mampu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kandungan gizi yang terdapat pada buah bengkoang per 100 gram :

      Energi                             : 55 kal
      Protein                           : 1,4 gram
      Karbohidrat                  : 12,8 gram
      Kalsium                          : 15 mg
      Fosfor                             : 18 mg
      Vitamin B1                    : 0,04 mg
      Vit.C                                : 20 mg
      Zat besi                          : 0,6 mg

Menurut seorang spesialis kulit Amerika mengemukakan sebuah asumsi bahwa ada solusi lain yang lebih efektif jika kita ingin menjaga kecantikan yaitu dengan mengaplikasikan bahan-bahan alami tersebut pada tubuh kita. Menurut riset dari para pakar ahli menyebutkan bahwa salah satu contoh penggunaan bahan alami yang sudah dikenal sejak zaman dahulu untuk merawat kecantikan yang mungkin sudah anda kenal yaitu dengan menggunakan buah bengkoang. Menurut Dr. Oz, pada sesi acaranya disinggung jika buah bengkoang ampuh untuk mencegah dan mengatasi penuaan dini. Sebab buah ini tinggi akan kandungan vit.C, yang dapat berfungsi sebagai penangkal dari radikal bebas yang dapat menjadikan kulit lebih cepat untuk menua.

Tanaman jenis umbi-umbian ini dapat ditemukan dalam bahan dasar pembuatan sebuah masker, lulur, sabun wajah, pelembab, hingga losion. Bengkoang terbukti mampu untuk menyegarkan kulit, karena akar dari umbi pohon bengkoang memiliki kandungan air yang tinggi setidaknya sekitar 86 hingga 90 persen, sehingga memberi efek yang dapat melembabkan dengan baik.
Bengkuang juga mengandung vit.C, kandungan flavonoid, dan zat saponin yang merupakan tabir surya alami yang dapat berguna untuk mencegah kulit rusak diakibatkan oleh radikal bebas. Ditambah lagi dengan adanya zat fenolik dalam bengkoang cukup efektif untuk menghambat proses pembentukan zat melanin, sehingga proses pigmentasi yang diakibatkan oleh hormon, sinar matahari, dan luka bekas jerawat dapat dicegah dan dikurangi.

Tapi yang perlu Anda ingat dan waspadai adalah jangan sampai Anda mengkonsumsi biji buah bengkoang yang mirip dengan kacang, karena di dalam biji tersebut terdapat kandungan zat toksin yang biasa digunakan untuk membasmi serangga.