MANJUR! Obat telinga berdenging sebelah kanan dan sebelah kiri

Obat telinga berdenging sebelah kanan dan sebelah kiri - Kadang kita mengalaminya tanpa penyebab apapun, dengan tiba-tiba kita merasakan telinga berdenging baik sebelah kanan dan kiri. Yuk kita cari tau apa saja sih penyebab telinga kita berdenging tanpa sebab?

Telinga adalah bagian tubuh manusia yang sangat vital untuk membantu aktifitas sehari-hari. Berfungsi sebagai indra pendengaran telinga juga memiliki fungsi sebagai alat keseimbangan tubuh.

Dalam kedokteran istilah dengingan telinga yang biasa kita alami dikenal dengan tinnitus.

Dan ini bukanlah sebuah penyakit, namun tepatnya merupakan sebuah gejala dari penyakit tertentu ataupun pertanda adanya masalah dalam kesehatan tubuh kita.

Mungkin pada saat telinga berdenging beberapa saat tidak begitu mengganggu aktifitas kita.

Namun bila hal ini mulai sering terjadi, kita perlu waspada untuk menghindari hal-hal yang buruk terjadi.

Dalam penelitian ditemukan bahwa telinga kanan manusia mendengar lebih baik daripada telinga sebelah kiri.

Atau dengan kata lain telingan kanan manusia lebih peka dari telinga sebelah kiri.

Mengapa demikian? Karena telinga kanan langsung terhubung dengan otak kiri melalui jaringan impuls saraf kita.

Dan seperti yang kita ketahui bahwa otak kiri manusia berfungsi sebagai pusat bicara manusia.

Itulah alasan mengapa saat kita mengalami dengingan pada telinga sebelah kanan maka daya tangkap kita akan menurun dan penderita juga menjadi lebih sulit untuk bersikap tenang.

Tinnitus (Telinga berdenging) berdasarkan sumber dengingannya

Secara medis ada banyak sekali penjelasan mengapa telinga berdenging, namun para ahli membagi tinnitus menjadi dua :

  1. Tinnitus Nonpulsatile : Tinnitus yang disebabkan karena terganggunya saraf pendengaran, sehingga mengakibatkan dengingan tersebut berasal dari dalam kepala. Tinnitus jenis ini dapat menyebabkan kedua telinga berdenging sekaligus.
  2. Tinnitus Pulsatile : Pada tinnitus jenis ini, dengingan terdengar seperti irama detak jantung yang berasal dari gerakan otot di sekitar telinga dan pada umumnya suara dengingan ditimbulkan dari suara aliran darah karenan tekanan darah yang tinggi.
Selain dua tinnitus diatas terdapat pula pembagian jenis tinnitus yaitu subjektif dan objektif.

  • Tinnitus subjektif : Bila dengingan telinga hanya didengar oleh penderitanya saja. Biasanya terjadi bila ada gangguan pada telinga bagian luar, tengah ataupun dalam.
  • Tinnitus objektif : Bila dengingan juga dapat didengar oleh dokter pada saat memeriksa penderita. Tinnitus ini dapat terjadi karena masalah pada kontraksi otot telinga, pembuluh darah ataupun tulang telinga.

Obat Telinga Berdenging Sebelah Kanan dan Sebelah Kiri

Ya, tujuan kami diatas menerangkan jenis penyebab telinga berdenging dengan lengkap adalah untuk selanjutnya kita dapat mengetahui tindakan pengobatan yang tepat untuk penderita.

Cara menangani telinga berdenging yang disebabkan oleh alergi obat-obatan tentu tidak sama dengan penanganan telinga berdenging yang terjadi karena faktor penuaan usia.

Mengidentifikasi penyebab telinga berdenging dan riwayat kesehatan kita sangat penting untuk membantu penanganan dokter THT ataupun paramedis.

Berikut ini adalah penyebab paling umum telinga kanan berdenging :

  1. Obat antibiotik terutama yang mendandung aspirin
    Beberapa obat yang dijual di pasaran dapat menimbulkan efek tinnitus dan kadangkala menambah gejala tinnitus yang sudah ada sebelumnya. Obat-obatan ini adalah antibiotik (yankosimin, neomycin, poliksimin B, eritomisin), pil air atau diuretik, beberapa jenis obat-obatan kanker, dan obat malaria (aspirin berdosis tinggi, pil kina, anti depresan). Saat mengkonsumsi obat yang memiliki kandungan zat-zat tersebut dengan dosis yang tinggi akan memperburuk kondisi tinnitus, untuk menghentikan tinnitus cukup dengan menghentikan konsumsi obat-obatan ini.
  2. Stress
    Ketika seseorang mengalami kondisi kejiwaan yang tidak stabil, deprresi, dalam tekanan maka peluang terjadinya dengingan pada telinga akan semakin besar. Contoh gejala-gejala stress adalah rasa cemas berlebih, nyeri pada otot-otot tubuh dan emosi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan terjadinya tinnitus.
  3. Gerak Tubuh
    Setiap gerakan yang kita lakukan berulang dalam aktifitas sehari-hari dapat menyebabkan terjadinya tekanan pada pembuluh darah, saraf dan otot. Gerakan seperti memutar kelapa atau bangkit dari tempat duduk secara tidak langsung dapat menjadi penyebab terjadinya tinnitus.
  4. Kotoran telinga
    Kotoran telinga manusia berfungsi sebagai pelindung saluran telinga dari kuman dan bakteri dari luar. Dan juga berfungsi sebagai penghambat tumbuhnya bakteri. Tapi penumpukan kotoran telinga dalam jangka waktu yang lama tanpa dibersihkan, dapat menimbulkan ganggunan pendengaran seperti tinnitus dan iritasi pada gendang telinga.

  5. Suara Keras
    Kebiasaan mendengarkan musik dengan suara nyaring dan keras melalui earphone, mendengar suara ledakan yang keras atau mendengar suara-suara mesin berat yang umumnya di alami para pekerja di pabrik dapat menyebabkan kerusakan telinga permanen. Seperti yang kita ketahui batas kemampuan manusia menerima gleombang suara adalah 20 sampai 20.000 Hertz.

  6. Alergi
    Alergi pada tubuh juga dapat menjadi penyebab dengingan pada telinga. Pada saat terjadi alergi yang tidak segera diobati, maka pada telinga tengah akan memproduksi lendir yang jika terus diabaikan akan menyebabkan tekanan di dalam telinga.

  7. Perubahan tekanan lingkungan sekitar
    Penyebab yang satu ini mungkin yang umum dirasakan hampir setiap orang, dan merupakan gelaja yang normal. Biasa dirasakan ketika di dalam pesawat baik pada saat take off maupun landing, juga terjadi saat kita mendaki dataran tinggi yang memiliki suhu rendah.

  8. Usia Lanjut
    Orangtua pada usia lanjut diatas 60 tahun kualitas pendengarannya akan menurun. begitu juga zat-zat di dalam telinga, saraf, dan otot. Oleh karena itu pada usia lanjut tinnitus akan lebih sering terjadi
  9. Alkohol, nikotin dan kafein berlebihan
    Akumulasi nikotin yang terserap dalam peredaran darah dapat menghambat aliran darah menuju sel saraf sensitif yang berfungsi mengatur pendengaran.


Mengobati telinga berdenging sebelah kanan dan sebelah kiri

Keluhan telinga yang berdenging sementara dan tidak sering terjadi sebenarnya tidak memerlukan pengobatan khusus. Bila telinga berdenging dengan disertai gejala-gejala tertentu dan tidak segera membaik ini yang perlu kita waspadai.

Obat yang disarankan oleh dokter untuk telinga berdenging antara lain adalah Alparozalam (niravam, xanax) dan Antidepresan trisiklik (nortriptyline, amitriptyline).

Cara diagnosis tinnitus secara medis :
  1. Gerakan. Dengan menggerakkan leher, mengepalkan rahang, menggerakkan mata, lengan dan kaki
  2. Suara yang mampu didengar seperti senandung, decak, keramaian, dering dan detak jantung
  3. Tes pencitraan MRI atau CT scan
  4. Audiologi : Uji pendengaran
Berdasarkan penyebab-penyebab terjadinya dengingan pada telinga, maka tinnitus dapat diobati dengan cara :
  1. Menggunakan perangkat pelindung saat bekerja dilingkungan yang bising
  2. Menggunakan alat bantu dengar
  3. Mengobati pembuluh darah yang menyebabkan tinnitus
  4. Menghilangkan kotoran telinga
  5. Mengubah otot penyebab tinnitus
  6. Kurangi mengkonsumsi nikotin, kafein dan alkohol 
  7. Berfikir positif dan rutin lakukan relaksasi tubuh untuk mengurangi stress
  8. Terapi untuk membiasakan diri dalam mengatasi tinnitus yang dalam dunia medis dikenal dengan nama Tinnitus Retraining Therapy
  9. Hindari telinga dari lingkungan bising.
sekian informasi mengenai penyebab dan cara mengobati telinga bedenging sebelah kanan dan sebelah kiri yang dapat kami berikan.

Ingat selalu untuk konsultasikan kepada dokter jika kesehatan tubuh kalian tidak segera membaik.

0 komentar