19 Bahaya Menghirup Gas Lpg

19 Bahaya Menghirup Gas Lpg - Gas LPG singkatan dari Liquified Petroleum Gas saat ini tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan kita. Menjadi kebutuhan primer layaknya bensin untuk kendaraan bermotor kita.

Gas lpg menjadi sangat penting untuk aktifitas memasak di dapur, sebagai waterheater untuk memanaskan air mandi, ataupun sebagai alat pengering pakaian yang umumnya digunakan pada laundry di kota-kota besar.

Karena fungsi gas lpg yang beragam dan selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari kita, menyebabkan seringnya kita mengganti gas lpg tersebut karena telah habis dan mengganti dengan gas lpg yang baru.

Mengikuti kebutuhan yang berbeda dalam rumahtangga, jangka waktu habisnya gas lpg ini sangat bervariatif.
Namun yang perlu kita perhatikan disini adalah pada saat kandungan gas dalam tabung lpg tersebut akan habis ataupun pada saat memasang regulator di tabung gas lpg yang baru.

Terkadang bau gas lpg tersebut tercium oleh kita tanpa sengaja.

Seringkali kita mengabaikannya saat gas lpg terhirup oleh kita dan kita tidak menyadari bahwa gas lpg ini memiliki pengaruh yang tidak baik untuk kesehatan tubuh kita.

Walaupun mungkin hanya sebentar, namun pasti akan kita alami dalam setiap bulannya pada saat mengganti ataupun saat tabung gas lpg akan habis.

Kami akan bagi bahaya menghirup gas lpg ini menjadi dua jenis, yaitu bahaya jangka pendek dan bahaya jangka pajang.

Bahaya Menghirup Gas Lpg

Bahaya Jangka pendek Menghirup Gas LPG 

Dalam hal ini ingin kami berikan kepada para pembaca hal-hal yang dapat terjadi dalam hitungan jam atau hari setelah gas lpg tidak sengaja terhirup oleh kita.

  1. Susah untuk bernafas
  2. Terasa pusing
  3. Menambah tingkat halusinasi
  4. Merasakan kesemutan pada beberapa anggota tubuh
  5. Menurunkan sistem kesadaran
  6. Mata berkunang-kunang
  7. Tubuh menggigil
  8. Mood menjadi cepat berubah
Gangguan jangka pendek yang dirasakan tubuh seperti yang kami sebutkan diatas sangat dipengaruhi oleh tingkat kekebalan tubuh dan kondisi tubuh masing-masing orang.

Dapat dirasakan pada beberapa orang namun belum tentu sama pengaruhnya pada orang yang lainnya.



Bahaya Jangka Panjang Menghirup Gas LPG

  1. Menurunkan Imunitas atau daya tahan tubuh
  2. Menyebabkan darah tinggi
  3. Memicu peradangan pada hati
  4. Memicu kerusakan paru-paru
  5. Kerusakan saraf
  6. Menurunkan daya ingat
  7. Merusak sel darah dan produksinya
  8. Kerusakan sel jaringan otak
  9. Memicu terjadinya peradangan pada ginjal
  10. Hilangnya konsentrasi dan depresi berat
  11. Gangguan jantung

Mengingat dampak menghirup gas LPG yang dapat membahayakan tubuh, maka alangkah baiknya bila kita berhati-hati dalam aktifitas keseharian kita. Meskipun hanya hal-hal kecil yang tampaknya tidak akan membahayakan kesehatan tubuh kita.

Berikut ini kami akan memberikan tips untuk menggunakan gas lpg agar aman untuk kesehatan tubuh kita.

Tips aman menggunakan Gas LPG

  1. Gunakan semua peralatan yang berhubungan dengan gas lpg memiliki standart SNI yang dikeluarkan oleh pemerintah. Contoh peralatan-peralatan ini misalnya selang, regulator, dll. Sehingga anda terhindar dari bahaya yang dapat disebabkan gas lpg.
  2. Pastikan untuk memasang regulator dengan benar dan tidak tergesa-gesa, dan pastikan knob regulator pada posisi mengunci kebawah.
  3. Gunakan masker agar kalian tidak menghirup gas lpg.
  4. Cek selang kompor menuju ke tabung gas lpg tidak tertindih oleh benda yang berat, untuk memastikan kinerja aliran gas berjalan dengan baik.
Semoga tulisan tentang 19 bahaya menghirup gas lpg beserta tips agar aman menggunakannya ini bermanfaat untuk kita behati-hati dalam menggunakannya agar tidak berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

0 komentar