Dokter Spesialis Penyakit Dalam Menangani Apa Saja?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Menangani Apa Saja - Pertanyaan tersebut sering muncul ketika kita hendak memeriksakan kesehatan. Dokter spesialis penyakit dalam atau dokter internis terbagi dalam beberapa subspesialisasi mengenai penyakit dalam.

Antara lain sistem pencernaan, alergi dan imunitas, kesehatan jantung, gangguan hormon, kelainan darah, hingga penyakit kanker.

Seperti namanya, dokter spesialis penyakit dalam dapat menangani berbagai masalah dan keluhan kesehatan pasien yang terkait dengan organ tubuh bagian dalam.

Berbagai macam masalah mengenai organ tubuh lebih dikuasai oleh dokter internis dibandingkan dengan dokter umum.

Berhubungan dengan spesialisasi keahlian tertentu dari penyakit dalam maka seorang dokter internis harus menjalani suatu pendidikan lanjutan setelah menyelesaikan pendidikan spesialisasi penyakit dalam.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Menangani Apa Saja


Berikut ini jenis pendidikan tersebut:
  1. Kardiologi
    Kardiolog atau Spesialis kardiologi memiliki kemampuan menangani berbagai macam jenis penyakit jantung seperti jantung koroner, gagal jantung, aritmia, lemah jantung, gangguan katup jantung dan berbagai jenis penyakit terkait dengan masalah jantung lainnya.

  2. Hematologi
    Jika kalian memiliki masalah mengenai kelainan darah, maka kami anjurkan untuk berkonsultasi kepada hematolog.

    Karena kamudian hematolog akan segera memeriksa, mendiagosis, dan melakukan pengobatan masalah yang terkait dengan kelainan darah. Contohnya :
                            a. Leukopenia : Defisiensi sel darah putih
                            b. Polisitemia : Kelainan pada sel darah merah
                            c. Anemia : Defisiensi sel darah merah
                            d. Trombositosis : Kelebihan trombosit
                            e. Leukositosis : Kelebihan sel darah putih
                            f. Trombositopenia : Defisiensi trombosit

  3. Alergi dan Imunologi
    Segala masalah mengenai alergi dan imunitas tubuh dapat kita konsultasikan kepada dokter alergi dan imunologi.

    Berbagai jenis penyakit terkait dengan gangguan imunitas tubuh dan alergi contohnya sinusitas, rinitis alergi, uritikaria (biduran), asma, angiodema, dan penyakit lainnya.

    Dokter spesialis ini akan segera memberikan pengobatan dan terapi terkait dengan penyakit secara khusus.
  4. Reumatologi
    Nah dari namanya mungkin sudah tidak asing di telinga kita. Spesialisasi yang satu ini khusus menangani masalah nyeri otot dan sendi.

    Yang kami ketahui sedikitnya ada 100 jenis penyakit arthritis yang dapat ditangani oleh seorang dokter reumatologi. Antara lain rheumatoid arthritis, lupus, sarkoidosis, sakit punggung, rematik, arthritis psoriotik dan osteoporosis.
  5. Nephrologi
    Dokter spesialis penyakit dalam subspesialisasi Nephrolog memiliki kemampuan untuk menangani segala macam penyakit terkait dengan kesehatan ginjal.

    Contoh jenis penyakit ginjal yang dapat ditangani antara lain gagal ginjal baik akut maupun kronis, hiperoksaluria yaitu tingginya kadar oksalat dalam urine, glomerolus, batu ginjal, sakit ginjal polikistik, ganguan ginjal pediatrik dan nefropati diabetik.
  6. Endrokrinologi
    Dokter spesialis penyakit dalam pada umumnya menangani masalah diabetes. Membantu pasien untuk dapat mengontrol dan mengatasi penyakit gula dalam darah.
  7. Pulmonologi
    Subspesialisasi dalam ilmu penyakit dalam yang terkait dengan segala macam pengobatan dan keluhan pada sistem pernafasan.

    Jenis gangguan pernafasan yang dapat ditangani oleh seorang pulmonolog adalah efusi pleura, penyakit paru-paru interstitial, bronkitis, apnea obstruktif, emfisema, asma dan bronkiektasis.
  8. Onkologi
    Spesialisasi pada penyakit kanker akan ditangani oleh seorang Onkolog. Pasien yang berkonsultasi pada onkolog akan diberikan diagonosis kanker, memberikan pada pasien pilihan jenis pengobatan, dan memberikan saran untuk mendapatkan perawatan optimal.
  9. Gastroenterologi
    Gastroenterolog  khusus mengatasi gangguan dan keluhan pada sistem pencernaan termasuk kantung empedu, usus, hati, pancreas, dan lambung.

Semoga tulisan mengengai Dokter Spesialis Penyakit Dalam Menangani Apa Saja ini dapat memberikan gambaran mengenai seputar dokter spesialis penyakit dalam pada anda.

Silahkan konsultasikan jenis penyakit dalam anda kepada dokter spesialis penyakit dalam yang telah kami jelaskan diatas.

Sehingga penyakit anda akan dapat didiagnosa, dan diobati lebih dini dengan akurat dan tepat.

Semoga bermanfaat.

0 komentar