Bolehkan Ibu Hamil Minum Yogurt Cimory? Ini Jawabannya!

Yogurt memang baik dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, tapi bolehkan jika diminum oleh ibu yang sedang hamil. Ini pastinya akan membuat khawatir, karena berhubungan dengan bayi yang dikandung.

Ibu hamil wajib untuk memberikan nutrisi terbaik untuk tubuh dan bayi yang dikandungnya.

Menghindari dan membatasi aneka jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi pun harus mulai diperhatikan ketika masa kehamilan telah datang.

Lalu Bolehkah Ibu Hamil mengkonsumsi Yogurt Cimory?

Pertama, penting untuk kita ketahui dahulu apa itu yogurt.
kandungan gizi yogurt plain

Pengertian Yogurt

Yogurt adalah susu yang diolah melalui proses fermentasi bakteri. Dengan cara memasukkan bakteri spesifik ke dalam susu di bawah temperatur dengan kontrol dan kondisi ruangan.

Di Amerika Serikat dinyatakan sebagai yogurt, bila produk telah mengandung bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus.

Yogurt dapat diproduksi menggunakan berbagai macam jenis susu. Bahkan dengan menggunakan sari kacang kedelai.

Namun produksi dominan di masa modern ini adalah menggunakan susu sapi dan susu kambing.

Fermentasi laktosa (gula susu) akan menghasilkan asam laktat yang terdapat dalam protein susu, sehingga menghasilkan aroma yang unik dan tekstur seperti gel pada yogurt.

Meningkatnya tingkat keasaman pada yogurt dan protein susu menyebabkan perubahan tekstur menjadi padat.

Yogurt dapat dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap susu, karena telah rusaknya struktur laktosa yogurt oleh bakeri.

Yogurt tersedia dalam berbagai macam rasa seperti rasa vanilla, rasa buah, rasa alami (plain) dan rasa coklat.

BACA JUGA : Masa Subur Pria Agar Istri Cepat Hamil

Banyak ibu hamil yang takut mengkonsumsi yogurt karena cara pengolahannya yaitu dengan fermentasi dan rasa asam yang terasa kuat.

Sebelum menjawabnya yuk kita lihat kandungan gizi apa saja yang terdapat didalam sebotol yogurt

Berikut ini adalah kandungan gizi dalam yogurt.

kandungan gizi dalam yogurt

Yogurt mengandung berbagai macam nutrisi. Yuk, kita bahas satu persatu kandungan gizi yogurt yang bermanfaat untuk ibu hamil.

1. Yogurt Sumber Probiotik

Gangguan yang sering dialami ibu pada masa kehamilan adalah sembelit. Probiotik yang terdapat dalam yogurt dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan selalu dalam kondisi baik, sehingga mencegah dari sembelit.

Disamping itu probiotik yang terkandung dalam yogurt juga memiliki manfaat lainnya, yaitu membantu perkembangan saraf bayi.

Selain buah-buahan, mengkonsumsi yogurt pada masa kehamilan sangat baik untuk menjaga ibu hamil dari gangguan pencernaan.

2. Yogurt sebagai asupan protein

Mengingat bahan dasar pembuatan yogurt adalah susu yang diolah dengan cara fermentasi. Maka yogurt pun masih mengandung protein tinggi.

Kebutuhan protein ini sangat baik untuk ibu hamil. Karena saat mengandung, ibu hamil akan sering merasakan lemas dan kurang bertenaga.

Hal ini disebabkan karena ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk bayi yang dikandunganya.
Asupan proein yang cukup didalam yogurt akan menyebabkan ibu hamil menjadi lebih bertenaga, sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.


3. Yogurt mengandung vitamin D

Vitamin D bermanfaat sebagai penyerap kalsium dalam tubuh. Salah satu nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhan tulang pada bayi dan kesehatan ibu hamil.

Masalah penyakit tulang dan jaringan yang serius dapat terjadi pada bayi bila ibu hamil kekurangan vitamin D.

Dalam 1 cup yogurt mengandung kurang lebih 5IU vitamin D yang baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin.

4. Yogurt mampu menjaga kesehatan usus dan pencernaan

Beberapa masalah kesehatan usus selama masa kehamilan dapat dihindari dengan aktif mengkonsumsi yogurt.

Karena yogurt mampu menunjang penyerapan nutrisi yang dikonsumsi dalam makanan dan minuman dengan sempurna.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, yogurt dapat mencegah berbagai masalah gangguan sembelit, gangguan pencernaan dan usus.

Asam yang berasal dari bakteri baik dalam yogurt dapat mencapai usus dalam waktu cepat.

5. Memenuhi kebutuhan Omega 3

Lemak esensial yang dibutuhkan oleh tubuh salah satu jenisnya adalah omega 3. Sangat baik untuk tubuh, tapi tubuh tidak memiliki kemampuan untuk memproduksinya sendiri.

Omega 3 baik untuk pertumbuhan dan pembentukan jaringan pada janin terutama untuk sistem saraf, mata, otak dan melindungi janin dari resiko penyakit jantung.

6. Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Dalam 1 cup yogurt mengandung sedikitnya 390mg kalium, atau setara dengan kandungan kalium pada pisang berukuran sedang.
Kalium yang dikonsumsi ibu hamil bermanfaat untuk menjaga keseimbangan elektrolit, denyut jantung dan kesehatan jantung.

BACA JUGA : Bolehkah ibu hamil minum es kelapa muda, es cincau, es cappucino dan es jeruk

7. Mencegah cacat tabung saraf

Cacat tabung saraf terjadi pada bayi karena kurangnya gizi ibu hamil yaitu asupan folat pada trimester pertama.

Yogurt bisa menjadi salah satu pilihan sebagai asupan folat yang nikmat. Karena dalam 1 cup yogurt dapat terkandung 18mcg folat.

Akibat lain yang disebabkan bila kekurangan folat pada ibu hamil adalah masalah saraf dan motorik pada bayi.

8. Yogurt sebagai sumber kalsium

Dalam setiap satu cup yogurt mengandung 256mg kalsium. Ini menjadikan yogurt tergolong sebagai sumber kalsium terbaik.

Kalsium adalah mineral yang sangat diperlukan oleh janin dan ibu hamil.

Kurangnya asupan kalsium dapat menyebabkan cacar saraf dan masalah kesehatan gigi dan tulang. Berikut ini adalah manfaat untuk janin dan ibu hamil.
  • Tingginya kandungan kalsium pada yogurt menyebabkan ibu hamil terhindar dari masalah kesehatan usus.
  • Kalsium mampu membantu penyerapan nutrisi pada ibu hamil yang penting untuk tulang dan terhindar dari osteoporosis.
  • Kalsium dalam yogurt juga sangat baik untuk menunjang perkembangan janin.
  • Kalsium adalah mineral penting yang bermanfaat untuk pertumbuhan janin dan tulang.


9. Yogurt mampu mengurangi resiko infeksi

Dalam masa kehamilan, ibu hamil menjadi rentan terhadap infeksi baik dari berbagai jenis bakteri maupun kuman. Berakibat melemahnya kondisi kesehatan pada ibu hamil.

Masalah ini perlu diperhatikan agar tidak berakibat mangganggu perkembangan janin. Untuk mencegah masalah ini maka konsumsi yogurt yang cukup mampu mengurangi resiko dari infeksi bakteri dan kuman.

Nah inilah nutrisi-nutrisi bermanfaat yang terkandung dalam yogurt dan baik untuk ibu hamil. Tapi ingat saat ini banyak sekali merk dan jenis yogurt yang dapat kita temukan di tempat-tempat pembelanjaan.

Untuk penunjang nutrisi ibu hamil, maka alangkah baiknya untuk dapat selektif memilih produk yang aman dalam prosses pengolahannya, bahan-bahan yang digunakan dan umur kadaluarsanya.

Untuk itu maka kami akan berikan tips untuk memilih aneka jenis yogurt yang dijual di pasaran saat ini.

Cara Memilih Yogurt yang Aman untuk Ibu Hamil

Yogurt biasa dinikmati dengan buah-buahan ataupun langsung dikonsumsi. Sebagai ibu hamil kita seringkali bertanya dan merasakan khawatir karena yogurt kan menggunakan fermentasi bakteri dalam pengolahan bahan mentahnya?

Untuk dapat mengkonsumsi dan mendapatkan berbagai manfaat dalam yogurt maka ibu hamil perlu lebih selektif dalam memiliih yogurt yang berkualitas dan diproses dengan higienis.

Ini adalah cara untuk memilih yogurt bagi ibu hamil:

1. Pastikan memilih yogurt yang telah melalui proses pasteurisasi. Yaitu proses pemanasan makanan atau minum hingga suhu tertentu dengan harapan untuk membunuh bakteri dan organisme yang merugikan. Label pasteurisasi biasanya dicantumkan dalam kemasan yogurt.

Ini adalah contoh salah satu merk yogurt. Yogurt cimory yang telah melalui proses pasteurized atau pasteurisasi.
Pasteurisasi Yogurt Cimory untuk Ibu Hamil
2. Berhati-hati konsumsi yogurt produk rumahan atau home industri. Karena tidak ada pengawasan dan jaminan oleh pihak kesehatan, dikhawatirkan proses pengolahannya yang tidak higienis dan dapat tercemaet kuman dan bakteri.

3. Perhatikan tanggal kadaluarsa yogurt pada kemasan. Mengkonsumsi produk fermentasi yang telah expired sangat berbahaya untuk keselamatan janin dan ibu hamil.

4. Selalu perhatikan label yang tercantum pada kemasan yogurt. Hindari yogurt yang menggunakan bahan tambahan seperti pemanis atau perasa tambahan. Untuk tips satu ini penting diketahui ibu hamil saat berbelanja apapun produk kemasan di supermarket, untuk memperhatikan dengan teliti label pada belakang kemasan. Karena selalu ada informasi kesehatan untuk ibu hamil dan janin pada umumnya apapun jenis produknya. Berikut ini kami berikan salah satu contoh nya

Label pada kemasan produk untuk Ibu hamil

Ini adalah kebiasaan yang seringkali diabaikan oleh konsumen terutama ibu pada masa kehamilan saat membeli produk di supermarket.

5. Pilihlah yogurt rendah lemak. Mengapa memilih yogurt low fat, tidak lain adalah agar berat badan ibu hamil tetap terjaga dan aman untuk kesehatan jantung.

Semoga tulisan tentang Manfaat Yogurt cimory untuk ibu hamil ini bermanfaat dan dapat disebarkan untuk kesehatan seluruh ibu hamil di Indonesia.

0 komentar