Manfaat Pepaya Untuk Kesihatan Tubuh yang Perlu Diketahui

The Best Weight Loss Tips for Women - Manfaat Pepaya Untuk Kesihatan Tubuh yang Perlu Diketahui - Dalam buah papaya terdapat banyak sekali kandungan yang bermanfaat bagi tubuh seperti vit.A, vit.B, vit.C, zat kalium, zat magnesium, kandungan karbohidrat, dan kandungan zat papain.

Buah pepaya termasuk buah yang banyak mengandung serat dengan kadar hingga 1,3 gram per 100 gram.

Zat papain dalam buah pepaya sangat berguna untuk mengurai zat protein dalam usus serta memperlancar air susu ibu pada saat menyusui.

Manfaat Pepaya Untuk Kesihatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Selain hal tersebut, zat papain adalah salah satu zat enzim protease yang bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka dan membantu proses pencernaan protein.

Pepaya juga memiliki kandungan zat karpaina, yaitu suatu zat alkaloid yang berfungsi untuk mengurangi faktor serangan jantung, sebagai peluruh cacing yang merupakan penyebab cacingan, mengatasi sariawan, menyembuhkan infeksi, meredakan panas demam, melancarkan saluran pencernaan, dan mencegah sembelit.

Berikut beberapa manfaat dari buah pepaya, yang sangat berguna bagi manusia:

      Kulit melepuh karena panas.
Ambil buah pepaya muda lalu sayat-sayat, kemudian tampung getahnya dan oleskan ke kulit, lalu diamkan sehari semalam. Bila bagian yang melepuh agak luas, parut buah pepaya muda hingga menjadi sebuah serutan yang banyak lalu tempelkan ke bagian tersebut.

      Malaria dan demam.
Tumbuk daun pepaya muda hingga menjadi ½ gelas, tambahkan air sekitar ¾ gelas dan garam, lalu peras dan saring untuk mengambil airnya. Minum 3 kali sehari, lakukan 5 hari secara berturut-turut.

      Buang air besar tidak teratur.
Makan buah pepaya segar sebanyak 3 kali sehari secara rutin dan perbanyak minum air putih. Karena kandungan serat yang terdapat di dalam buah pepaya dapat memperlancar buang air besar.

      Merangsang nafsu makan.
Sediakan sehelai daun pepaya kemudian cuci bersih lalu haluskan, beri sedikit garam dan air sebanyak ¼ gelas kemudian peras. Minum air perasan sekaligus hingga habis.

      Mengobati Flu.
Cuci 2 sampai 3 helai daun pepaya muda lalu hancurkan dan peras, beri sedikit garam. Minumlah 2 kali sehari untuk anak-anak, dan 4 kali sehari untuk dewasa.

      Mencegah demam.
Sediakan sehelai daun pepaya muda lalu dicuci, iris-iris daun pepaya, kemudian rebus dengan gula aren dan segelas air, rebus sampai air menyusut setengah wadah. Minum sekaligus segera setelah melahirkan selama 2 hari berturut-turut.

      Melancarkan air seni dan mengeluarkan batu ginjal.
Sediakan 3 jari akar papaya yang sudah dipotong-potong, lalu rebus dengan 4 gelas air sampai air mengering menjadi setengah, dinginkan rebusan tersebut lalu saring. Minum 3 kali sehari 3/4 gelas, boleh diberikan sesendok madu untuk memberi sedikit rasa manis.

      Mengobati Hipertensi.
Parut buah pepaya muda, lalu peras parutan tersebut, dan ambil airnya. Minum air perasan 2 kali sehari dan Lakukan ini selama 3 hari.