cara mengatasi jantung koroner secara alami

Cara Mengobati Penyakit Jantung Koroner - Penyakit jantung koroner merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh menyempitnya pembuluh arteri. Sehingga hal ini akan terjadi endapan lemak dan lama-kelamaan akan semakin menumpuk pada dinding arteri.

Hal itu membuat daya pompa jantung menjadi melemah dan peredaran darah dalam tubuh tidak berjalan dengan sempurna.

Apabila terjadi pada pembuluh darah ke otak, maka itu yang sering disebut dengan stroke. Penyakit ini termasuk salah satu penyakit degeneratif dan dapat berlangsung dalam waktu yang lama bisa mencapai hingga puluhan tahun.

Dengan begitu, cara mengobati penyakit jantung koroner yaitu dengan mengurangi penyebab-penyebabnya.



Penyebab jantung koroner yaitu disebabkan adanya penyempitan serta penyumbatan pada pembuluh arteri.

Hal ini terjadi karena disebabkan oleh penumpukan lemak yang berlebihan pada lapisan dinding pembuluh arteri.

Umumnya, hal itu akan terjadi pada seseorang yang memiliki pola makan yang kurang sehat, hipertensi, kecanduan rokok, kolesterol tinggi bahkan kurang melakukan olahraga.

Jika seseorang sudah tahu penyebab dan gejala penyakitnya, maka cara mengobati penyakit jantung koroner dapat dilakukan sendiri dengan mengurangi hal-hal yang dapat menyebabkan penyakit tersebut.

Gejala Penyakit Jantung Koroner yang Dapat Diketahui

Penderita jantung koroner biasanya akan merasakan nyeri pada bagian dada. Lebih tepatnya pada dada bagian tengah yang kemudian menjalar ke bagian leher dan lengan kiri bahkan nyerinya bisa sampai ke bagian punggung.

Nyeri tersebut akan timbul saat melakukan kegiatan fisik yang agak berat dan jika digunakan untuk istirahat, maka rasa nyerinya akan berkurang.

Itulah ciri-ciri penyakit jantung koroner yang utama yang bisa kita ketahui. Namun, kadang ada penderita yang disertai dengan keluarnya keringat dingin dan timbul rasa mual.

Apabila Anda sering mengalami gejala seperti diatas, kemungkinan Anda menderita penyakit jantung koroner.

Sebaiknya, Anda segera periksakan ke doter agar mengetahui cara mengobati penyakit jantung koroner yang tepat.

Namun, Anda tetap harus mengurangi hal-hal yang dapat menyebabkan penyakit tersebut.  Berikut ini hal-hal penting yang perlu Anda lakukan untuk mengurangi penyebab jantung koroner.

  • Mengkonsumsi Makanan yang Sehat

Makanan yang dikonsumsi merupakan salah satu aset untuk menyehatkan tubuh Anda. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan yang sehat kaya akan vitamin, protein dan serat sangat disarankan.

Hindari jenis makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah, goreng-gorengan dan makanan cepat saji.

Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, maka tubuh Anda juga akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

  • Mengkonsumsi Air yang Cukup
Air merupakan salah satu yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Dengan mengkonsumsi air yang cukup, maka proses metabolisme dalam tubuh akan menjadi lancar.  

Cara mengobati penyakit jantung koroner dengan cara yang alami memang harus menerapkan pola hidup sehat. Konsumsilah air putih minimal 8 gelas per hari.

  • Hindari Merokok
Merokok merupakan suatu kebiasaan seseorang yang memiliki resiko terhadap penyakit berbahaya. Dengan Anda berhenti merokok, tentunya Anda akan lebih sehat dan terhindar dari penyakit yang membahayakan tubuh seperti jantung koroner.

Demikian cara mengatasi penyakit jantung koroner dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Selain beberapa hal yang disebutkan diatas, Anda juga harus melakukan olahraga rutin dan istirahat yang cukup.