Ragam Manfaat dan Resipi Dari Buah Pepaya

Ragam Manfaat dan Resipi Dari Buah Pepaya - Tumbuhan ini berasal dari Negara Amerika Selatan, dan kini tanaman buah pepaya sudah menyebar luas dan mulai banyak ditanam di seluruh daerah tropis. Tanaman ini memiliki nama latin yaitu Carica papaya, buah pepaya sangat mudah untuk dikembangkan. Banyak nama bagi buah pepaya, hampir setiap daerah pasti ada.

Seperti di daerah jawa Kates, di daerah Jawa barat Gedang dan lain-lain. Tetapi di dataran tinggi dieng dapat kita temukan varietas pepaya yang unik yaitu bernama Carica. Sebuah perkara mudah untuk mencari buah pepaya di Negara kita ini. Hampir semua bagian pada pohon pepaya dapat dimanfaatkan. Apa lagi banyak kandungan yang bermanfaat di dalam buah pepaya bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh kita.

Buah Pepaya
Manfaat dan Resipi Dari Buah Pepaya



Ragam Manfaat dan Resipi Dari Buah Pepaya


     Mengobati gigitan ular berbisa.
Sediakan 5(lima) ruas akar pohon pepaya, lalu cuci bersih, tumbuk akar hingga halus, dan tempelkan pada bagian yang terkena gigitan, lalu balut dengan perban. Penggantian perban dilakukan 2 kali sehari.

      Mengatasi Cacing gelang.
Sediakan 2(dua) sendok makan biji pepaya, kemudian giling biji hingga halus, seduh bubuk biji pepaya dengan ½ cangkir air panas, dan tambahkan 1(satu) sendok makan madu, minumlah selagi hangat.

      Mengobati Penyakit Keputihan.
Ambil Sehelai daun pepaya kemudian cuci bersih, iris-iris daun hingga halus, campur dengan 50 gram akar alang-alang yang sudah bersih, dan pulasari. Rebus semua bahan dengan 1,5 liter air, lalu olah semua bahan hingga mendidih. setelah itu tiriskan dan saring airnya, minum segelas sehari sekali.

      Mengatasi Diare.
Cara yang dapat digunakan sebagai berikut. Keringkan segenggam biji pepaya, lalu tumbuk biji pepaya hingga halus dan menjadi sebuah bubuk. Seduh bubuk tersebut seperti menyeduh teh dan minum 3(tiga) kali sehari.

      Menghilangkan Jerawat.
Jemur 2(dua) hingga 3(tiga) helai daun pepaya yang sudah tua, lalu haluskan sambil diberi air, kemudian peras untuk mengeluarkan sarinya. Hasil sari tersebut oleskan ke bagian yang ditumbuhi jerawat.

      Melancarkan haid.
Sediakan 2 helai daun pepaya yang sudah dicuci, tumbuk daun pepaya hingga halus sambil diberi ¼ gelas air, lalu peras hasil tumbukkan dan beri sedikit garam. Minumlah sekaligus dengan anjuran 1 kali sehari.


      Melancarkan ASI.
Ambil beberapa helai daun pepaya kemudian cuci bersih, buatlah daun menjadi layu dengan cara di api-apikan. Setelah layu dan terasa hangat taruhlah di sekeliling payudara Anda.

      Pengobatan Luka bakar.
Sediakan pepaya muda dan cuci bersih, sayat-sayat bagian luar kulit buah agar getahnya keluar. Oleskan getah tersebut pada bagian yang luka.

      Tumit pecah-pecah.
Ambil Getah pepaya muda lalu gosokkan ke daerah tumit yang pecah-pecah, biarkan ¼  jam lalu cuci, Lakukan hal ini sekali sehari agar pengobatan dapat berjalan dengan optimal.

      Mengobati Sakit gigi
Ambil kapas yang sudah diberi getah buah pepaya muda, dan tempelkan  ke gigi yang sakit.