Ragam Manfaat Buah Nanas

Ragam Manfaat Buah Nanas - Tumbuhan ini berasal dari Benua Amerika selatan, tetapi sekarang sudah banyak dikembangkan di Indonesia dan memunculkan berbagai macam varietas baru. Buah ini sering kita jumpai pada olahan rujak ataupun asinan, tanaman ini memiliki nama latin Ananas comosus. Kandungan zat gizi dalam nanas begitu banyak di antaranya vit.A, vit.C, zat mangan, mineral kalsium, zat magnesium, dan zat pektin. Selain itu, nanas juga memiliki kandungan serat dengan kadar 1 gram per 100 gram bahan.




Khasiat tersembunyi nanas
Manfaat buah nanas


Ragam Manfaat Buah Nanas

Zat pektin yang terdapat di dalam nanas berfungsi untuk memperlancar buang air besar, mencegah terjadinya sembelit, membantu meredakan panas dalam, meredakan sakit batuk, menjaga kesehatan ginjal, menyehatkan saluran kandung kemih, mengatasi sakit sariawan, meredakan demam, mencegah datangnya penyakit jantung dan penyakit stroke, mengobati infeksi luka, serta mengatasi gangguan anemia. Nanas juga dapat berfungsi sebagai anti kanker dan antioksidan yang sangat berguna bagi tubuh. Berikut penjelasan tentang manfaat nanas bagi tubuh kita :


●    Buah Nanas Sangat Baik Untuk Menutrisi Organ Mata.

Buah ini memiliki kandungan vit.A yang cukup banyak. Maka dari itu, sebaiknya Anda rutin untuk mengkonsumsi buah nanas agar dapat menjaga organ penglihatan Anda.


●     Buah Nanas Baik Untuk Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh.

Di dalam buah nanas terdapat kandungan vit.C yang cukup tinggi. Jika kita rutin mengkonsumsi buah nanas, hal tersebut akan membantu kesehatan tubuh kita agar tetap terjaga setiap hari dan terbebas dari serangan penyakit.


●      Menguatkan Tulang Tubuh Anda.

Buah nanas kaya akan kandungan mineral dan zat mangan yang dibutuhkan oleh tulang kita. Maka, sangat dianjurkan untuk menghadirkan buah nanas di menu harian Anda.


●      Meningkatkan Kesehatan Organ Jantung.

Nanas merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan berguna sebagai penangkal dari berbagai macam radikal bebas yang dapat berpotensi untuk masuk ke dalam tubuh dan membahayakan semua organ tubuh termasuk jantung.


●      Mencegah Datangnya Penyakit Kanker.

Kandungan zat antioksidan yang melimpah di dalam buah nanas dapat mencegah berbagai serangan dari radikal bebas yang bisa menimbulkan berbagai penyakit kanker yang mematikan.


●      Bermanfaat Besar Untuk Kesehatan Pencernaan Anda.

Buah nanas memiliki kandungan enzim bromelain, vit.C dan sumber serat yang tinggi. Ketiga nutrisi tersebut bermanfaat untuk membantu kinerja organ pencernaan agar menjadi lebih baik.


Nanas muda tidak dianjurkan untuk di konsumsi, terutama bagi ibu hamil karena di dalam nanas muda terdapat semacam zat yang dapat menggugurkan kandungan. Begitu juga dengan penderita rematik dan diabetes, sebaiknya membatasi untuk memakan buah nanas. Karena hal tersebut dapat memperparah penyakit yang mereka derita. Jika Anda ingin memakan buah nanas, sebaiknya rendam dahulu buah nanas dengan air garam. Karena buah nanas segar biasanya menimbulkan rasa gatal.