Khasiat Buah Pare


Khasiat Buah Pare - Pare adalah tanaman yang tumbuh merambat, buahnya menyerupai mentimun tetapi memiliki kulit yang keriput dan rasa yang pahit. Tanaman yang memiliki nama latin momordica charantia ini, telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional di berbagai Negara seperti Brazil dan Meksiko. Tidak hanya buahnya yang bermanfaat, daun pare juga dapat dijadikan sebagai obat pencernaan.

Meskipun pare memiliki gizi yang tinggi, akan tetapi sebaiknya jangan berikan kepada anak-anak dan wanita hamil. Sebab, anak-anak kecil masih rentan terhadap rasa khas pare yang pahit, sangat dikhawatirkan jika kadar gula anak dapat menurun drastis. Sedangkan pada wanita hamil tidak dianjurkan mengkonsumsi pare sebab buah ini mengandung senyawa yang dapat menggugurkan kandungan.

Manfaat Pare
Khasiat Buah Pare
    Berdasarkan hasil penelitian, dalam 100 gram buah pare mengandung beberapa zat sebagai berikut :
Kalori 29,00 kal, lemak 0,3 gram, protein 1,1 gram, kandungan karbohidrat 6,6 gram, zat kalsium 45 milligram, zat fosfor 64 milligram, zat besi 1,4 milligram, vit.A 180,00 SI, vit.B 0,68 milligram, vit.C 52,0 milligram, air 91,20 gram.

Selain kandungan di atas, buah pare juga memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, buah pare mengandung zat Albinoid, dan zat warna. Buah pare yang masih muda memiliki kandungan yang dapat digunakan sebagai obat pencegah diabetes, menghindari masalah pencernaan, obat alami untuk mengobati malaria, mencegah terjadinya kerusakan hati, dan mengobati penyakit bronkhitis.
Daun pare mengandung zat pahit, minyak lemak alami, zat asam dammar, kandungan protein, zat besi, zat kalsium, zat fosfor, vit.A, vit.B1, vit.C yang berfungsi untuk menjaga dari kerusakan kulit yang diakibatkan oleh paparan langsung sinar matahari, sehingga dapat mencegah munculnya noda hitam dan penuaan dini.

Sementara akar pare mengandung zat asam momordial dan asam aleonolat. Akar dari pareberkhasiat untuk mengobati penyakit disentri yang disebabkan oleh serangan amoeba dan mengobati wasir.
Sedangkan bijinya mengandung zat saponin, zat alkaloid, dan zat triterpenoid. Biji pare merupakan antioksidan yang kuat karena mampu memperlambat pembentukan sel kanker, dan mencegah penuaan dini.

Khasiat Buah Pare

Ternyata biji pare memiliki khasiat tersembunyi yaitu mengandung zat yang mampu untuk menahan laju perkembangan dari virus HIV/AIDS dan mengendalikan kadar gula dalam darah.
Banyak penderita HIV/AIDS di Negara Thailand dan Amerika yang telah melakukan terapi pare untuk pengobatan penyakit mereka. Biji tersebut sudah di olah berbentuk kapsul kecil agar mudah dikonsumsi secara rutin. Manfaat dari biji pare bagi penderita yang telah melakukan terapi pare adalah mereka dapat merasakan jika dirinya lebih sehat dan berat badan mereka meningkat.

Manfaat tersebut tidak lepas dari beberapa kandungan yang terdapat di dalam biji pare yang berupa zat alpha-momorcharin, zat beta momorcharin, dan kandungan MAP30 (momordica antiviral protein 30). Para ahli mengatakan, bahwa ketiga zat tersebut menjadi senyawa anti-HIV/AIDS.